Skip to main content

Penyebab dan Solusi Suara Bergema di Dalam Masjid

    

    Banyak kondisi suara didalam masjid bergema sehingga suara tidak terdengar dengan jelas, bahkan karena faktor ruangan kurang bagus dari segi akustiknya membuat suara khotbah atau imam tidak bisa dimengerti oleh jamaah. Banyak penyebab nya diantaranya :

  1. Kondisi ruangan yang terlalu berdengung
  2. Pengaturan equalizer yang kurang tepat
  3. Penggunaan echo yang berlebihan pada mixer
  4. Tidak dipasang delay ( untuk masjid dengan ruangan yang besar )
  5. Suara speaker menara terdengar di area yang diberi speaker (terutama dibagian luar masjid)
  6. Sudut pemasangan speaker yang kurang tepat
  7. Kualitas speaker yang kurang bagus atau perangkat yang digunakan

 Kondisi ruang yang terlalu berdengung 
    Ruangan yang terlalu berdengung disebabkan disain interior masjid yang didominasi oleh material keras sehingga terlalu banyak pantulan. Solusinya memasang bahan penyerap akustik pada ruangan dan paling memungkinkan dibagian langit - langit atu plafon / roof. Biasanya arsitek hanya mengedepankan aspek keindahan bangunan/ruangan.

Pengaturan Equalizer yang kurang tepat
    Pada beberapa kasus equalizer pada mixer diatur untuk membuat kesan suara yang gagah (dengan menaikan EQ pada frekuensi rendah). Apabila ruangan terlalu berdengung maka pengaturan ini menyebabkan suara pada frekuensi rendah (dimana arah perambatan suaranya ke segala arah) menjadi terlalu dominan. Solusinya pengaturan equalizer pada mixer yang mengurangi suara pada frekunsi rendah (dibawah 500 Hz) dapat mengurangi pantulan suara pada frekuensi rendah.

Penggunaan echo yang berlebihan pada mixer
    Ini bisa terjadi karena settingan echo/reverb/delay pada mixer yang terlalu banyak. Solusinya bisa ditambahkan tapi jangan terlalu banyak.

Tidak dipasang delay (untuk masjid dengan ruangan yang besar)
    Delay adalah sebuah alat yang berfungsi membuat suara sampai dispeaker terlambat. Sinyal suara merambat lewat kabel (299.792.458 m/s) jauh lebih cepat dari perambatan suara di udara (343 m/s). Apabila suara speaker belakang tidak di delay maka suara yang muncul berulang dan saling bertumpuk. Solusinya adalah dengan penggunaan pemroses suara dengan fungsi delay.

Suara speaker menara terdengar di area yang diberi speaker (terutama dibagian luar masjid)
    Suara speaker menara bertabrakan dengan suara speaker dari masjid. Solusinya pengaturan arah speaker menara, mengurangi speaker di area dimana jemaat dapat mendengar suara dari menara dengan jelas. Sehingga tidak terjadi kejar-kejaran suara antara menara dan speaker indoor atau pun selasar masjid.

Sudut pemasangan speaker yang kurang tepat
    Speaker dipasang menghadap dinding belakang dan bukan ke arah jemaat sehingga pantulan speaker jadi terlalu banyak.. Solusinya speaker dipasang posisi di atas dan diarahkan ke arah jamaah bukan ke arah dinding.

Kualitas speaker yang kurang bagus atau perangkat yang di gunakan
     Kualitas dari speaker yang kurang bagus akan sangat berpengaruh dari kualitas suara didalam ruangan masjid. Jadi dalam pemilihan speaker sangat penting. Kita harus tau spesifikasi speaker nya. Misalnya mampu memproduksi frekuensi dari range frekuensi berapa ke berapa misalnya dari 80 Hz ke 16 KHz. Frekuensi response seperti apa, SPL berapa dan lain sebagainya.
    
Untuk konsultasi permasalahan sound system masjid bisa hubungi di nomor 0818-0642-6192.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar