Skip to main content

Penggunaan Microphone Yang Benar

Microphone adalah sebuah equiptment atau peralatan dalam audio system yang sangat penting. Microphone ini adalah bagian dari sumber suara atau sebuah inputan audio yang akan di kuatkan lagi suaranya setalah melalui beberapa peralatan audio system. Kalau inputannya bagus maka outputannya juga bagus.  Karena kalau kita bicara audio system, maka semua equiptment atau accesories yang digunakan harus bagus walaupun berbeda dari segi merk yang digunakan termasuk microphone itu sendiri. Terutama kita mesti tahu dari karakteristiknya microphone yang digunakan. 
Microphone mempunyai beberapa parameter atau karakteristik, dengan kita melihat karakteristik dari sebuah microphone kita bisa menentukan baiknya diaplikasikan untuk jenis vokal atau untuk instrument alat musik. Untuk karakteristik seperti ini kita bisa ukur menggunakan sebuah analyzers sehingga kita bisa mengetahui response frequency nya. Dan kita juga bisa mencoba nya langsung apakah cocok dengan warna suara kita untuk pemilihan beberapa jenis microphone. Selain dari frequency response nya jga bisa dari sensitivity nya kita bisa ukur dengan sound level meters. 

Microphone ini mempunyai beberapa peruntukan atau pengaplikasian. Misalnya untuk telekomunikasi, siaran (broadcasting), rekaman musik, elektronik konsumen dan untuk pengukuran sebuah akustik ruangan. 25

Microphone yang biasa digunakan dimasjid ada beberapa type :
  • Microphone untuk imam. Microphone imam biasa menggunakan clip on ataupun headset.

  • Microphone untuk adzan.


  • Microphone untuk ceramah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar